//
Diklat Kepala Sekolah

Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah

3. JEPANG

Hiroshima (2008)

Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan (sistem). Sedangkan sifat unik karena sekolah memiliki ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lain, yaitu di sekolah terjadi proses pembelajaran dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik.

Oleh karena sifatnya unik tersebut, sekolah memerlukan tingkat koordinasi tinggi yang keberhasilannya tergantung kepala sekolah. Studi keberhasilan sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah orang yang menentukan titik pusat dan irama sekolah. Bahkan mengatakan bahwa “keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah” (Wahyosumijo, 2005).

Berdasarkan hasil studi tersebut nampak betapa penting peranan kepala sekolah dalam menggerakkan “kehidupan” sekolah dalam rangka mencapai tujuan sekolah, sehingga dapat dipahami bahwa ketersediaan kepala sekolah berkualitas sebagai salah satu pemenuhan standar pendidikan, khususnya standar pendidik dan tenaga kependidikan, akan menentukan usaha peningkatan kualitas pendidikan melalui pemenuhan 8 standar nasional pendidikan pada satuan pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah. Sebab upaya pemenuhan 8 standar pendidikan, yaitu standar kompetensi lulusan, isi, proses, dan penilaian yang berkait langsung dengan pembelajaran melalui peningkatan kapasitas dan kualitas standar pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan memerlukan strategi yang tepat.

Mengingat pentingnya peranan kepala sekolah, maka dalam rangka penugasan guru sebagai kepala sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia telah menerbitkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah / Madrasah dan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah / Madrasah. Kedua Permendiknas ini untuk menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan di sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan.

Esensi Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 ialah bahwa untuk diangkat sebagai kepala sekolah / madasarah, seseorang wajib memenuhi standar kepala sekolah / madrasah yang berlaku secara nasional. Standar kepala sekolah secara umum antara lain harus memiliki kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D-IV) dan kualifikasi khusus, pada jenjang SMA, berstatus guru SMA, memiliki sertifikat pendidik sebagai guru SMA, dan memiliki sertifikat kepala sekolah yang diterbitkan oleh lembaga yang ditetapkan pemerintah. Melalui kualifikasi umum dan khusus ini diharapkan kepala sekolah memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial yang sesuai.

Untuk memenuhi subtansi Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, diterbitkan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 yang mengatur tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah / madrasah adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas kepala sekolah diperlukan pendidikan pelatihan calon kepala sekolah, sertifikasi kompetensi, dan penilaian kinerja kepala sekolah / madrasah.

Dalam mempersiapkan calon kepala sekolah pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah dilakukan dengan memberikan pengalaman secara teoritik dan praktik. Untuk itu, selain kegiatan in service training kegiatan pendidikan dan pelatihan kepala sekolah juga dilakukan melalui kegiatan On the Job Learning. Melalui proses ini, calon kepala sekolah diharapkan dapat mengembangkan kompetensinya dan memahami dengan tepat sekolah sebagai organisasi yang unik dan kompleks.

Tujuan On the Job Learning dalam Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah ini adalah untuk mengetahui secara langsung pPengelolaan 9 aspek manajerial kepala sekolah yaitu penyusunan RKJM dan RKAS, pengelolaan kurikulum, pengelolaan sarana dan prasarana, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan peserta didik, pengelolaan keuangan, monitoring dan evaluasi, supervisi akademik, dan pengelolaan TIK dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sasaran yang dicapai calon kepala sekolah dari On The Job Learning ialah agar dapat meningkatkan kompetensi sebagai kepala sekolah yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahan, supervisi, dan sosial,dimana kemampuan tersebut tercermin dari kegiatan kepala sekolah dalam :

  1. Menyusun RKJM dan RKAS berdasar prioritas program yang telah ditetapkan berdasar hasil evaluasi diri sekolah.
  2. Menyusun kurikulum sekolah sesuai visi dan misi sekolah, pedoman pengembangan kurikulum dari BSNP, landasan yuridis yang relevan serta tuntutan perkembangan konteks bekerjasama dengan stakeholder terkait.
  3. Mengelola sarana prasarana sekolah sesuai ketentuan yang antara lain mencakup pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan dan penghapusan.
  4. Mengelola pendidik dan tenaga kependidikan sehingga optimal dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
  5. Mengelola sumber-sumber keuangan sekolah secara transparan, akuntabel, dan sustainibel / berkesinambungan.
  6. Mengelola peserta didik mulai dari kegiatan rekrutmen peserta didik baru hingga kegiatan pembinaan dan pengembangannya
  7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan mulai dari program kegiatan, pelaksanaan, evaluasi, dan menentukan tindak lanjutnya.
  8. Melakukan supervisi akademik untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah melalui tahap penyusunan program supervisi, penyusunan instrumen supervisi, penyusunan jadwal supervisi, pelaksanaan supervisi, dan tindaklanjutnya dalam berbagai bentuk.
  9. Mengelola TIK dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Komentar ditutup.

Arsip

Pengunjung

  • 34,377 hits

Top Rated

Kalender

Desember 2016
S S R K J S M
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 7 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: